tanya jawab filsafat ilmu

Posted by setanon On 18.24 0 komentar

1 Aspek yang berkaitan dengan riil dan aspek yang berkaitan dengan yang benar, dalam islam dinamakan Haqq
2 Beda persepsi manusia dari pelat forografi ialah dalam hal manusia memiliki Imajinasi
3 Bila akal menghubungkan diri dngan konklusi, maka akal melihat masa depan dengan memusatkannya pada peristiwa-peristiwa serupa, dalam istilah filsafat modern hal ini dinamakan Analogi
4 Bila dalam proses pemikiran telah disediakan sarana fakta yang terindera dan otak, maka yang menentukan terhadinya proses pemikiran yang benar adalah Perasaan
5 Bila eksistensi objek pengalaman inderawi dalam imajinasi ketika objek itu tidak ada dalam persepi manusia, maka eksistensi dinamakan Khayalan
6 Diunggulkan manusia atas malaikat, ialah karena manusia dianugrahi Allah Ilmu
7 Koherensi dan korespondensi antara tindakan intelektual dengan realitas lahiriah yang dipersepsi, termasuk pengertian Eksistensi logis
8 Konsep-konsep abstrak dalam pikiran manusia diilhami eksistensi Khayalan
9 Makna sebagai suatu bentuk citra aqliah yang terbentuk sebagai jawaban atas pertayaan “apa” disebut Mafhum
10 Pandangan dunia berlandaskan, yang tidak ditolak oleh akal, wujud itu maujud, yang menjawab sandaran ideologi, dan memandang dunia sebagai suatu keseluruhan, disebut Agami
11 Pandangan dunia Islami adalah Tauhid
12 Pandangan dunia mumnya berlandaskan pada hipotesis dan eksperimen, disebut Ilmiah
13 Pemahaman tentang alam sebagaimana adanya, dalam dunia filsafat dikategorikan dalam kebijakan Logis
14 Pemahaman tentang perilaku kehidupan sebagaimana mestinya dikategorikan ke dalam kebijakan Praktis
15 Pengenalan masing-masing tempat segala sesuatu dalam suatu sistem, ketika hubungan antara sesuatu dengan sesuatu yang lain dalam sistem itu menjadi jelas dan dipahami, dinamakan Persepsi
16 Pengetahuan atau ilmu sampai kepada manusia melalui pengalaman langsung terhadap alam dengan menggunakan indera, disebut Nalar
17 Realitas menunjuk pada suatu kondisi ontologis, kepada suatu penelitian kebenaran dalam hubungan dengan situasi nyata, disebut Eksistensi riil.


18 Ilmu yang diberikan Allah SWT, yang memngkinkan penerimanya mengetahui tempat yang tepat, atau membuat penilaian yang tepat mengenai tempat yang tepat dari sesuatu atau suat objek ilmu, dinamakan Hakekat
19 Kondisi dimana objek-objek ilmu berada pada tempatnya yang tepat, yang secara ontologis semua ciptaan telahdiatur sedemikian, dimasukkan dalam pengertian Keadilan
20 Bila anda melihat batu melesat keudara, kemudian mengenai kepala pejalan kaki, maka pengetahuan ini adalah dari pemahaman lewat Indera rasa
21 Apakah anda tahu bahwa, walaupun anda melihat, mendengar, mencium ataumerasakan, anda tidak menerima sesuatu, karena anda belum menemukan kebenaran, kecuali melalui saluran Informasi
22 Penguasa seluruh indera dan yang mengkoordinasikan fungsi-fungsinya adalah Hati (qalb)
23 Firman Allah SWT, dalam al-quran” Dan segala sesuatu kami cuptakan berpasang-pasangan supaya kamu mendapat pelajaran (QS. 51:49), adalah informasi agar manusia mengadakan penelitian fenomena alam secara Silogisme
24 ...berkata qabil: aduhai, celaka aku, mengapa aku tidak berbuat seperti gagak ini, lalu akau dapat menguburkan mayat saudaraku ini (QS 55:31), ayat ini menunjukan Eksperimental
25 Sekiranya ada di langitdan di bumi tuhan-tuhaan selain Allah, tentlah keduanya itu telah binasa; Maha suci Allah yang mempunyai “ARSY” dari pada apa yang mereka sifatkan, tetapi yang terlihat, alam ini begitu teratur rapi, tunduk kepada undang-undang dan peraturan yang cermat dan teliti, sehingga kesimpulan tidak dapat lain kecuali Allah, Maha Esa atas dasr pemikiran Logika deduksi
26 Bila orang mengikuti pemikiran dalam al-quran, dapat ditemukan dalam lerangka berfikir itu fase-fase penting yang perlu mendapat perhatian, yaitu fase induksi dan fase analogi yang saling menyatu; para ahli fiqh meletakan hadits yang diriwayatkan dialog Rosul dengan Muadz bin Jabal sebagai hujjah setelah al-qur’an sunnah, ijma atas dasar Intelek
27 Nalar dan akal sehat (aql) adalah sasaran bahasa Logika
28 Sasaran bahasa emosi menurut keterangan muthahhari, adalah Hati


29 Akal yang hanya mampu menangkap hal-hal yang bersifat nasehat dan retorik, tidak dipersiapkan untuk memahami aturan berfikir sistematik, dinamakan akal Awam
30 Pemikiran dapat timbul pada seseorang berdasarkan penginderaan terhadap realitas. Setelah terdapat keterkaitan dengan Organ indera
31 Akal yang hanya mampu menangkap hal-hal yang bersifat nasehat dan retorik, tidak dipersiapkan untuk memahami aturan berpikir sistematik, dinamakan akal Khitabi
32 Pemikiran dapat timbul pada seseorang berdasarkan penginderaan terhadap realitas, setelah terdapat keterkaitan dengan Informasi
33 Bila akal menghubungkan diri dengan konklusi, maka akal melihat masa depan denganmemusatkannya pada peristiwa-peristiwa serupa; dalam istilah filsafat modern hal ini dinamakan Sebab akibat
33 Diunggulkan manusi atas malaikat, ialah karena manusia dianugerahi Allah Ilmu
34 Bila dalam proses pemikiran telah disediakan sarana fakta yang terindera dan otak,maka yang menentukan terjadinya proses pemikiran yang benar adalah Informasi tentang fakta
35 Pemahaman tentang alam sebagaimana adanya, dalam dunia filsafat dikategorikan dalamkebijakan Teoritis
36 Pemahaman tentang perilaku kehidupan sebagaimana mestinya dikategorikan ke dalam kebijakan Praktis
37 Pandangan dunia umumnya berlandaskan pada hipotesis dan eksperimen, disebut Ilmiah
38 Pandangan dunia berlandaskan yang tidak ditolak oleh akal, wujud itu maujud, yang menjawab sandaran ideologi, dan memandang dunia sebagai suatu keseluruhan, disebut pandangan dunia Filosofis
39 Pandangan dunia Islami adalah Tauhid
40 Konsep-konsep abstrak dalam pikiran manusia, dinamakan eksistensi Intelektual
41 Pengenalan masing-masing tempat segala sesuatu dalam suatu sistem, ketika hubungan antara sesuatu dengan sesuatu laui\innya dalam sistem itu menjadi jelas dan terpahami, dinamakan Makna
42 Pengetahuan atau ilm yang sampai kepada manusia melalui pengalaman langsung terhadap alam dengan mempergunakan indera, disebut Persepsi
43 Makna sebagai suatu bentuk citra aqliyah yang terbentuk sebagai jawaban atas pertayaan “apa’, disebut Esensi
44 Bila eksistensi objek pengalaman inderawi dalam imajinasi ketiak objek itu tidak ada dalam persepsi manusia, maka eksistensi dinamakan Khayali
45 Realitas yang menunjuk kepada sesuatu kondisi ontologis kepada sesuatu penelitian kebenaran dalam hubungan dengan situasi nyata, disebut Eksistensi riil
46 Aspek yang berkaitan dengan yang riil dan aspek yang berkaitan dengan yang benar, dalam islam dinamakan Haqq
47 Koherensi dan korespondensi antara tindakan intelektal dengan realitas lahiriah yang dipersepsi, termasuk pengertian Benar
48 Ilmu yang diberikan Allah SWT yang memungkinkan penerimanya mengetahui tempat dan tepat, atau membuat penilaian yang tepat mengenai tempat yang benar dari sesuatu objek ilmu, dinamakan Kearifan
49 Kondisi di mana objek-objek ilmu berada pada tempatnya yang tepat yang secara ontologis semua ciptaan telah diatur sedemikian , dimasukkan dalam pengertian Keadilan
50 Fiman Allah SWT dalam al-quran “ Dan segala sesuatu kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mendapat pengajaran, adalah informasi agar manusia mengadakan penelitian terhadap fenomena alam secara Induktif
51 Dasar pokok di dalam upaya manusia memahami alam dan memakrifati Allah, ialah terhadap firma-firmannya, dengan cara Mentadabuurkan MembacaMelakukan nazar
52 Nazar yang diperintahkan Allah SWT di adalm al-quran pada hakekatnya adalah metode eksperimental yang terkenal dalam pengembangan sains, yaitu metode ilmiah yang siebut InduksiDeduksi
53 Bila ada pernyataan :Semua peerta pasca sarjana MH panda (Premis Mayor)Kosim bukan peserta pasca sarjana MH (Premisminor)(Kesimpulan ) Kosim tidak pandai -Permeis minir menolak premis mayor-Kesimpulan salah
54 Nyala panas dan cahaya (nur) adalah bagian-bagian dari api (premis mayor)Jarum arloji beradium itempat gelap bercahaya (premis mayor)Kesimpulan - Cahaya jarum bukan api- cahaya radium bukan api
55 - membantu -menemukan asumsi yang benar- Memperjelas arti hipotesis.- Membantu pengujian hipotesis Cara deduksi membawa keuntungan


56 - Hubungan dan pengumpulan fakta merupakan esensi menyeluruh- Dapat digunakan sebagai dasar pemberian alasan deduktif- Dapat digunakan sebagai dasar alasan induktif- Lebih ekonomis Keuntungan alasan induktif dalam menguji hipotesis
57 Bila ada dua sisi di mana terdapat unsur-unsur A,B dan Z untuk situasi-1, dan X, Y dan Z untuk situasi-II, dan kedua situasi itu menghasilkan observasi D, maka dapat disimpulkan bahwa Disebabkan oleh Z.
58 Bila merokok dapat menimbulkan orang berpenyakit jantung koroner dan kanker paru-paru, maka penjelasan semacam ini dinamakan penjelasan bersifat Bercorak peluang
59 - Epistemologi peradan Barat- Kurang menghayati relevansi al-quran- Khawatir analisis objektif menyimpang dari cara tradisional- Larangan penafsiran al-qur’an secara spekulatif Imperialisme epistemologis yang menguasai intelektual Indonesia, mnyebabkn umat Islam di Indonesia, walaupun mayoritas,tidak berperan pada zaman orde baru, sebab-musababnya adalah
60 - Al-quran kalamullah kitab Hidayah- Manusia adalah khalifah- Wajibijtihad lewat observasi sistematik dan deduksi dialektif Ayat-ayat al-quran berbicara tentang jagad raya tidak lewat berita-berita ilmiah secara langung, disebabkan
61 - Al-quranmengandung mujijat- Al-qurna adalah bahasa Allah SWT, menyapa manusia- Alam semesta mnjadi bukti kebenaran- Alam yang diteliti,ciptaan Allah. Bagi dunia ilmiah al-quran tetap merupakan metode dakwah yang paling mujarab, disebabkan
62 Akal hidup dalam persepsi-persepsi, sedangkan persepsi berhubungan dengan lingkungan dan lingkungan bermacam-macam, agar akal tidak tersesat danmengarah ke kebathilan, diperlukan arahan dari - Wahu- Indera


63 Pengetahuan riil tentang alam semesta dan tentang diri manusia diperoleh dengan persepsi yang didapat selama hidupnya melalui - Indera- Pengalaman
64 Menghafal Upay-upaya menjaga keotentikan al-quran di zaman Rasullah SAW, adalah Wahyu - Wahyu langsug di tulis- Menghafal
65 - Syhid kepada masyhud alaih- Dalil kepada mudlu’alaih- Wasilah kepada ghayah Bila akal dianggap sebagai gerakan,maka gerakan itu menimbulkan perpindahan antara
66 Dari kisah nabi Adamas, yang diajarkan Allah SWT kepada nama-nama benda seluruhnya,al-quran seolah-oleh hendak menyatakan agar manusia harus memiliki Epistemologi
67 Dari Firman Allah “Katakanlah perhatikan apa yang ada di lngit dan dibumi (yunus 10:101), dapat disimak bahwa al-quran mengajak manusia kepada. Epistemologi
68 Aktivitas melakukan pemilahan dan penyusunan oleh logika terhadap berbagai permasalahan ilmiah, ke dalam kategori dilakkan oleh Rasio
69 Tugas melepas dua perkara di alam objektif, yang memberi kemampuan berpikir dapat dilakukan oleh Rasio
70 Dalam mengembangkan dasar pengkajian toritis yang bersifat operasional, peneliti sering menggunakan Asumsi
71 Pengambilan kesimpulan dari keadaan sebagai adanya , maka kesimplan ini didasarkan atas Asumsi
72 Apakah batas yang merupakan lingkup penjelajahan ilmu
73 Bentuk dari sebuah kesimpulan, penafsiran, hasil kajian, yang ada pada seseorang berkenaan dengan alam semesta, manusia, masyarakat, dan sejarah, dinyatakan sebagai Idiologi
74 Tiap orang merasakan segala sesuatu itu berbentuk partikular dan kemudian dibuat suatu bentuk pengelompokan yang sifatnya umum (general, am) dan universal: hal ini merupakan proses atau aktivitas


75 Jika indera merupakan suatu syarat demi mengetahui dan memahmi, tetapi masih belum memenuhi syarat keseluruhannya dan membutuhkan suat tenaga dan kekuatan berupa Kekuatan akal, kekuatan yang mampu melepas, kekuatan yang mampu memilah dan menyusun
76 Suatu kekuatan yang memiliki peran penting sebagai epistemologi, selain penglihatan dan pendengaran adalah nalar
77 Demi untuk mengenal diri sendiri, al-quranmenyatakan hendaklah manusia melakukan pencucian Jiwa
78 Yang dijadikan sumber epistemologi, yang menjadi hoptesis yang ada sekarang ini adalah Alam
79 Dari kisah kisah yang diungkakan dalam al-qur’an, yang digunakan sebagai sumber epistemologi, adalah Sejarah
80 Bentuk dari sebuah kesimpulan, penafsiran, hail kajian, yang ada pada seseorang berkenaan dengan alam semesta, manusia, masyarakat, dan sejarah, dinyatakan sebagai Idiologi
81 Yang berperan penting dalam berfikir deduktif adalah Logika
82 Menarik kesimpulan berdasarkan silogisme adalah proses berfikir secara Deduktif
83 Statistika mempunyai peran penting dalam berfikir secara Ilmiah
84 Yang berkembang menurut jalannya sendiri, terutama dalam segi metodenya, ialah Metode nir-ilmiah
85 Manusia dapat berfikir secara abstrak, dalam hal mana objek-objek yang faktual ditranormaikan menjadi simbol-simbol yang bersifat abstrak berupa Bahasa ?
86 Komunikasi verbal menggunakan bunyi sebagai alat komunikasi, dalam masyarakat verbal semacam ini alat komunikasi itu dinamakan Bahasa
87 Filsafat ilmu yang menalaah jawaban atas pertanyaan bagaimana prosedur yang harus dipehatikan agar didadaptkan pengetahuan yang benar Epistemologi
88 Filsafat ilmu yang menelaah jawaban atas pertayaan bagaimana proses yang memungkinkan ditimbanya pengetahuan yang berupa ilmi diaktegorikan dalam Ontologi
89 Filsafat ilmi yang menalaah jawaban atas pertayaan untuk apa digunakan danbagaimana kaitan antara cara penggunaan tersebut dengan kaedah-kaedah moral Aksiologi


90 Yang menyebabkan manusia mampu mengembangkan pengetahuan yang menjadi rahasia kekuasaannya, ialah ilmu
91 Suatu kegiatan berfikir yang menyandarkan diri kepada suatu analisis dan kerangka berfikir yang digunakan untuk analisis tersebut Pengkajian
92 Probabilitas 0,8 bahwa besoka akan hujan berati bahwa Pasti hujan
93 Bila mensawalakan peristiwa sebab akibat,maka biasanya digunakan pernyataan Silogisme
94 Metode ilmiah adalah merupakan cabang dari filsafat ilmu yang disebut Epistemologi
95 Terangkan apa yang dimaksud dengan kata-kata –(a) Pengetahuan (b) Ilmu ?
96 Peran apa yang diambil pengetahuan dalam kehidupan manusia ?
97 Sebutkan dan jelaskan dua teori kebenaran yang anda tahu ?
98 Di antara aktivitas manusia yang amat luar biasa adalah proses Melepas (tajrid)
99 Yang menjadi aktivitas rasio adalah Melepas (tajrid)
100 Metodologi adalah merupakan cabang filsafat ilmu yang disebut Epistemologi

Categories:

0 Response for the "tanya jawab filsafat ilmu"

Poskan Komentar